Selamatan awal musim tanam MT 1 di Desa Trengguli


Trengguli, 22/10/2020. Sebagian besar masyarakat Desa Trengguli Kecamatan wonosalam Kabupaten Demak bermata pencaharian sebagai petani. Menjelang masa tanam (MT) 1, masyarakat mulai mempersiapkan pengolahan lahan. Tradisi yang telah turun temurun dan telah membudaya dilakukan petani adalah tradisi Selamatan MT 1. Tradisi ini tidak hanya ada di wilayah Desa Trengguli saja, akan tetapi di beberapa wilayah di Indonesia juga masih memelihara budaya ini.
masyarakat mengadakan Selamatan di areal persawahan Desa Trengguli. Tradisi ini diikuti oleh Kelompok tani Sari Tani, Kelompok Tani Maju Makmur, perangkat desa, Babinsa, Babinkhamtibmas dan para petani di wilayah Desa Trengguli. Selamatan yang dilakukan di areal persawahan ini dipimpin oleh Bapak Ahmad Sugeng, yang merupakan modin Desa Trengguli. Tradisi salamatan ini sebagai pertanda bagi petani untuk memulai bercocok tanam padi di MT I.


Setelah selamatan BPP Kecamatan Wonosalam memberikan penyuluhan mengenai irigasi dan permasalahan penyakit tanaman yang ada di sawah. Dengan diadakannya selamatan MT 1 dan penyuluhan Dari BPP kecamatan Wonosalam para petani berharap mendapatkan hasil panen yang baik dan berlimpah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan